Cara Mempromosikan Produk Affiliasi yang Anda Ikuti

Artikel kali ini masih membahas seputar affiliate marketing. Kali ini saya akan menulis cara mempromosikan produk affiliasi. Kalau mau mendapatkan penghasilan dari program affiliasi yang anda ikuti, anda wajib mempromosikan link affiliasi anda.

Bagaimana mungkin berharap dapat penghasilan dari bisnis affiliasi kalau tidak melakukan promosi ? Untuk itu artikel kali ini saya tulis caranya. Semua yang saya tulis ini berdasarkan hasil  pengamatan saya.

Cara Mempromosikan Produk Affiliasi yang Anda Ikuti

Sosial Media

Manfaatkan semua akun sosial media yang anda miliki seperti twitter, facebook, google + untuk mempromosikan produk affiliasi anda. Untuk awal sering-sering sharing di semua akun sosial media tersebut. Perbanyak berbagi dulu, jangan langsung main jualan aja. Slow aja. Jangan lupa untuk mulai membangun interaksi dengan follower anda.

Saat akun anda memiliki ribuan pengikut setia, baru deh silakan anda mencoba promosikan produk affiliasi yang anda ikuti. Pastikan produk affiliasi yang anda promosikan sesuai dengan minat follower anda. Tapi ingat, jangan sering-sering jualan. Sesekali saja agar follower anda tidak merasa “dijuali”. Kalau kebanyakan jualannya daripada sharing, siap-siap saja anda akan diunfollow oleh mereka.

Blog

Ini cara jadul yang masih ampuh digunakan sampai sekarang untuk mempromosikan produk affiliasi. Sebelum sosial media booming seperti sekarang, cara ini yang digunakan pelaku affiliate dalam meraup penghasilan jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Anda bisa mulai membangun blog dengan menulis artikel-artikel yang berkualitas. Perbanyak artikel-artikel bermanfaat. Jika pengunjung blog anda mulai banyak dan cukup stabil, apalagi sudah ada pengunjung setianya, sudah saatnya memetik hasilnya.

Banyak cara yang bisa anda lakukan. Anda bisa sisipi link affiliasi di artikel. Pasang banner di sidebar atau di area mana saja yang menurut anda area tersebut strategis. Anda juga bisa membuat review produk affiliasi yang anda promosikan.

Youtube

Manfaatkan juga youtube untuk mempromosikan produk affiliasi anda. Yang paling menarik dari youtube adalah sangat mudah mendapatkan ranking di google. Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat. Di akhir konten ajaklah viewer anda untuk subscribe serta like dan share ke teman-teman mereka. Jangan lupa promosikan channel youtube anda ke sosial media, blog dan sarana promosi lainnya.

Anda bisa menyisipkan link affiliasi anda di bagian deskripsi. Bisa juga di dalam video yang anda buat. Kalau anda meletakkan link di dalam video, sebaiknya dibungkus linknya. Untuk membungkus link affiliasi anda, bisa memanfaatkan goo.gl, bit.ly atau tinyurl.

Email Marketing

Cara berikutnya adalah dengan email marketing. Ini dia rahasia para mastah meraup keuntungan dari bisnis affiliasi dalam waktu singkat. Mereka yang menang kontes affiliasi kebanyakan menggunakan cara ini.

Tahukah anda ? Dewa Eka Prayoga yang berhasil memenangkan konstes affiliate sebanyak 15 kali berturut-turut menggunakan cara ini.

Untuk memulai email marketing anda harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya landing page, lead magnet, domain dan hosting, autoresponder untuk membangun list.

Landing page adalah halaman yang pertama kali dikunjungi pengunjung pada saat mereka klik iklan di google atau facebook, klik hasil pencarian di google atau klik link di sosial media, forum atau email. Landing page biasanya didesain untuk fokus pada satu tujuan.

Nah, landing page yang saya maksud adalah fokus bagaimana anda mendapatkan nama dan alamat email pengunjung. Kalau mau tahu cara pembuatan landing page yang bagus, anda bisa melihat landing page yang dibuat oleh para mastah IM.

Untuk lead magnet sebaiknya sesuatu yang membuat orang tertarik untuk memilikinya. Alangkah baiknya lead magnet ini anda sendiri yang membuatnya. Buat yang belum tahu apa itu lead magnet, lead magnet adalah sesuatu yang kita tawarkan secara gratis agar mereka mau memberikan informasi kontak mereka. Dalam hal ini informasi yang kita inginkan nama dan alamat email mereka.

Kebanyakan lead magnet yang saya tahu biasanya berupa ebook atau video. Ada juga berupa software. Untuk toko online biasanya lead magnetnya kupon diskon.

Jangan lupa pesan domain dan hosting juga. Anda bisa pesan di dewaweb. Saya sangat merekomendasikan anda pesan domain dan hosting di dewaweb karena saya juga pelanggan mereka. Pesan Domain dan Hosting di Dewaweb, KLIK DISINI.

Untuk autoresponder anda bisa pesan di autoresponder lokal seperti kirim.email dan viosender. Autoresponder ini memiliki fungsi untuk menangkap data kontak pengunjung kemudian anda bisa melakukan follow up via email.

Setelah semua persiapan selesai, mulai bangun list anda dengan cara mempromosikan landing page anda baik dengan cara beriklan atau dengan cara gratisan. Cara beriklan bisa promosikan di blog orang lain, facebook ads atau google adword. Untuk cara gratisan yaitu dengan seo, upadate status di facebook, tweet di twitter atau sharing-sharing di forum.

Sama seperti ketiga cara di atas, jangan langsung jualan. Perkenalkan diri anda. Perbanyaklah sharing untuk meningkatkan kredibilitas anda. Jika anda sudah dikenal dan dipercaya, tidak sulit untuk mendapatkan penjualan dari produk affiliasi yang anda promosikan.

Itulah keempat cara yang bisa anda lakukan dalam mempromosikan link affiliasi anda. Tidak harus melakukan keempatnya sekaligus. Fokus satu cara dulu. Kalau sudah menghasilkan, anda bisa mencoba cara lainnya.

Kalau anda punya pengalaman promosi menggunakan salah satu atau malah keempat cara di atas, boleh sharing di kolom komentar. Buat anda yang menggunakan teknik promosi selain keempat cara di atas juga boleh sharing di kolom komentar. Ditunggu sharingnya.

One thought on “Cara Mempromosikan Produk Affiliasi yang Anda Ikuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *